Solo Baru, Sukoharjo, Solo. View

Solo merupakan kota kedua terbesar di Jawa Tengah setelah Semarang, Solo mengalami pembangunan yang tidak kalah pesat dengan Kota Semarang seperti pembangunan gedung-gedung pencakar langit yang 5 tahun terakhir ini semakin marak di kawasan Solo Raya khususnya di Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo membawa dampak positif bagi warga sekitar karena dapat meningkatkan kegiatan ekonominya dan membawa Solo Raya menuju Kota Masa Depan.

Saat ini di wilayah Solo Raya telah banyak berdiri berbagai gedung pencakar langit khususnya di Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo yang mana merupakan dua wilayah yang paling banyak memiliki gedung pencakar langit, hal ini membuat Solo Raya menjadi salah satu daerah dengan perkembangan infrastruktur pembagunan paling pesat di Jawa tengan dan DIY, beragam gedung yang dibangun di Solo Raya memiliki fungsi yang berbeda-beda antara lain yang terbanyak adalah Hotel disusul kemudian sebagai Apartemen, Rumah Sakit, dan tempat parkir. Berikut ini beberapa gedung tertinggi di Solo Raya:

Top-10 Gedung Tertinggi di Surakarta

Berikut ini adalah 10 Gedung tertinggi di Solo yang saat ini sudah beroperasi

1. Hotel Alila Solo (30 lantai)


Alila Hotel merupakan gedung tertinggi di kota Solo dan tertingi kedua di provinsi Jawa Tengah setelah Star Hotel & Star Apartment (31 lantai) di kota Semarang. Alila Hotel terdiri dari 30 lantai dan merupakan salah satu hotel bintang 5 di kota Solo. Gedung ini juga memiliki sebuah convention hall. Alila Hotel ini masih baru karena baru buka tahun 2015 yang lalu, bagi sobat yang ingin menginap di hotel ini siapkan tarif sekitar 1 juta rupiah/malam, tapi tenang fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap karena hotel ini merupakan hotel luxury.

2. Rumah Sakit Indriati, Sukoharjo (28 lantai)


RS ini merupakan Rumah Sakit kelas Internasional pertama di Solo Raya dan salah satu yang terlengkap di Indonesia dengan alat-alat yang sudah ter modern sekaligus Rumah Sakit yang memiliki lantai berjumlah 28 lantai dan juga memiliki Helipad (tempat mendarat Helikopter) di bagian atas gedung ini sekaligus menjadikannya sebagai Rumah Sakit tertinggi ke dua di Indonesia. Rumah Sakit memliki empat layanan medis unggulan yaitu Pusat Pelayanan Kanker atau Cencer Center, Jantung, Syaraf dan Tulang Belakang, serta Orthopedi. Walaupun Rumah sakit ini berkelas Internasional namun RS. Indriati tetap menerima pasien yang memiliki kartu BPJS Kesehatan, seperti yang telah diatur di Undang-Undang dimana Rumah Sakit Swasta harus menyidiakan 20% kamar untuk pasien BPJS.


3. Solo Paragon Hotel & Residence (25 lantai)


Solo Paragon difungsikan sebagai Hotel, Apartemen, dan Mall yang terintegrasi, gedung yang memiliki 25 lantai ini beralamat di Jl. Dr. Solo Soetomo, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57125, Indonesia.


4. Aston Hotel/Solo Ceter Point (22 lantai)


Aston Hotel Solo, hotel berbintang 4 ini berdiri dengan gagahnya , tampil percaya diri dengan desain simple ( lebih ke modern minimalis untuk fasad nya menurut saya ) untuk keseluruhan satu tower besar yang menjulang kelangit ini totalnya 22lantai ( maksudnya sampai ke lantai 22 , jadi bukan perlapis ) .

Aston Hotel Solo ini sendiri masih satu komplek dengan Solo Center poin karena pada dasarnya ya satu bagian sih , bawahnya hotel selebihnya dibagian atas adalah Apartemen. IT Mall dan pusat bisnis dibawah turut menemaninya.

5. Best Western Premier, Sukoharjo (22 lantai)


Best Western Premier Solo Baru adalah sebuah penginapan yang letaknya di Kabupaten Sukoharjo yang memiliki 22 lantai dengan letak yang strategis, yang menawarkan akses dekat pusat pemerintahan dan hiburan. Nikmati pelayanan istimewa dan fasilitas yang unggul akan membuat pengalaman menginap anda tidak terlupakan. Lingkungan yang aman, bersih, dan ramah menambah daya tarik penginapan ini sering dikunjungi para wisatawan.


6.  Menara One Apartment (15 lantai)



Menara One adalah salah satu proyek PT Menara Santosa yang mempunyai konsep apartemen dengan hak kepemilikan strata title atau hak milik atas satuan unit apartemen.
Sehingga menjamin keamanan investasi.
Terletak strategis di Gembongan, Pabelan, Kartasura, dekat dengan pusat pendidikan (UMS, ATMI, HIS, UNS Pabelan).
Serta dekat dengan pusat perbelanjaan (Transmart, Solo Square, Goro Assalam) dan juga dekat dengan pusat kota.

7. Hotel Harris, Solo (15 lantai)

Seperti yang sobat ketahui , satu lagi Hotel berbintang 4 hadir di Kota Solo. hotel HARRIS yang berada di  Jl. Slamet Riyadi no. 464, Purwosari – Laweyan Solo ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 14 April 2018. HARRIS hotel Solo memiliki 144 kamar yang terdiri dari 138 HARRIS Room, 4 Suite rooms, dan 2 President suites rooms. Selain itu Harris Hotel Solo juga memiliki 5 ruang meeting, dan 1 ballroom dengan kapasitas 1000 orang. HARRIS hotel Solo ini 15 lantai , menjulang ke angkasa cukup tinggi.


8. POP! Hotel, Solo (13 lantai)

Hotel ini masih satu grup dengan Harris Hotel, letaknya pun tidak terlalu jauh dari Kampung Batik Laweyan dan Solo grand Mall

9 Fave Hotel, Solo Baru (13 lantai)

Dengan beralamat di Jalan Ir. Soekarno, Solo Baru, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, membuat sobat yang menginap disini aan dimanjaan dengan berbagai fasilitas, diantaranya hanya berjara 10 meter dari Hartono Trade Center, 50 meter dari The Park Mall, dan 70 meter dari Hartono Lifestyle Mall

10. Hotel Brothers, Solo Baru (12 lantai)

Perkembangan hotel di Solo Baru sekarang ini pesat sob, terlihat dengan banyak hotel baru berdiri dan juga beberapa hotel melakukan pembenahan dan penambahan kapasitas seperti halnya Hotel Brothers Solo Baru. Beralamat  Jl. Ir. Soekarno Blok AC 25, Solo Baru, Langenharjo, Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Selain 10 gedung tersebut masih ada seitar 13-an gedung lain yang memiliki tinggi antara 8-11 lantai, ini saya hanya menuliskan top-10 saja soalnya kalau menulis semua bisa keriting nih jari. Hhaa ;v
Oke kita lanjut lagi pembahasannya Sob,,,


Calon Gedung pencakar langit baru di wilayah Solo Raya yang masih dalam tahap pembangunan:

1 The Khayangan Apertemen, Solo Baru Sukoharjo (7 Tower @32 lantai)

The Khayangan Apartement, Sukoharjo yang saat ini sedang dalam proses pembangunan dan memiliki 32 lantai (sudah topping-off) ini akan manjadi gedung pencakar langit tertinggi Solo Raya sekaligus di Jateng dan DIY mengalahkan Star Hotel & Star Apartment (31 lantai) di kota Semarang. Apartemen ini berlokasi di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, atau lebih mudahnya berlokasi di Timur Rumah Sakit Indriati Solo Baru, Apartemen ini direncanakan akan dibangun sebayak tujuh tower. Apartement yang saat ini sedang dalam pembangunan di wilayah Solo Raya antara lain, The Khayangan Apartement (32 lantai), Pascal Apartement (24 lantai), Hotel Suka Marem yang diubah menjadi hunian vertikal, Azana Hotel (20 lantai).

2 Lokananta Futures, Solo (4 Tower @31 lantai)

Di kembangkan oleh Adhi Persada Properti, kemungkinan akan mulai di bangun tahun ini, dikarenakan pengajuan proposal sudah selesai dan memperoleh izin, namun design ini masih belum fixs atau preliminary dibangun sesuai design tersebut.

Quest Condotel Solo (23 lantai)

Hotel anyar ini berkonsep kondotel sehingga masyarakat bisa ikut berinvestasi dengan membeli kondominium senilai Rp600 jutaan/unit. Saat ini, tim pemasaran hotel tersebut juga sedang gencar mempromosikan investasi properti itu di dalam maupun luar Solo. 

4 Swiss-Belhotel, Solo ( 21 lantai)

Terletak di sebelah barat pool Bus Rosalia Indah, depan pasar Ngudi Rejeki, Gilingan, Surakarta. Terdiri dari 21 lantai dan 3 basemant. Gedung ini akan memiliki design glassy seperti RS Indriyati, Sukoharjo. Pembangunan saat ini (Juni 2018) telah mencapai 7 lantai, kita tunggu jadinya yaa Sob.....

5 RS JIH/Yabinstra, Solo (12 lantai)

PT Unisia Medika Farma (UMF) sebagai pemilik RS JIH bersama dengan Yayasan Bina Sejahtera Warga Bulog (Yabinstra) mendirikan Rumah Sakit JIH di Solo atau RS JIH Solo. Rumah sakit ini berada di Jalan Adi Sucipto 118 Laweyan, Surakarta, dan sudah ground breaking alias peletakan batu pertama pada hari Jumat , 29 September 2017. Berdiri di lahan seluas 6.400 m2 dengan luas bangunan 28.000 m2, pembangunan RS JIH Solo ini direncanakan akan selesai dalam 15 bulan. RS JIH Solo rencananya memiliki 154 kamar yang terdiri dari kelas 1,2,3, Utama, VlP VVIP dan President Suite , kesemuanya itu siap beroperasi dalam waktu 15 bulan kedepan. (update terkini Juni 2018 sudah mencapai 7 lantai)

6 Gedung Pemerintah Kabupaten Sukoharjo (10 lantai)

Ngomong – ngomong mengenai ini, si Gedung baru Pemkab Sukoharjo itu dibangun dengan alokasi anggaran senilai Rp94 miliar. Dan semua dana itu berasal dari APBD Sukoharjo 2017. Gedung yang dibongkar itu dulunya ditempati pegawai Bagian Humas, Inspektorat, dan Bappeda Sukoharjo. Rencananya si Gedung baru nanti yang setinggi 10 lantai itu bakal diperuntukkan 11 organisasi perangkat daerah. (update terkini Juni 2018 sudah mencapai 8 lantai)


Masih ada sekitar 5 gedung lagi yang masih alam tahap pembangunan tapi isini saya hanya menuliskan 6 dahulu, gapapa yaa Sob. Hheee

Sampai jumpa di Update yang berikutnya... See you next time, Sob


Untuk Jasa Pengiklanan di Blog ini Hubungi
WA: 087823592561
Atau dinomer ini: 083899299629
email: [email protected]

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama