Palau, sebuah negara tropis di kepulauan Samudera Pasifik terkenal dengan danau air asinnya yang dihuni ribuan ubur-ubur tanpa sengat. Tempat ini menjadi salah satu spot Instagramable yang diburu pelancong dunia.

Sementara itu, Indonesia juga punya danau ubur-ubur yang tak kalah indah. Tak hanya satu, namun ada sembilan danau dengan ubur-ubur tanpa sengat yang bisa dieksplorasi wisatawan. Salah satu yang paling populer adalah danau air asin yang berada di Kakaban, Kepulauan Derawan. Danau ini bahkan lebih unik lagi, karena ada empat spesies ubur-ubur tanpa sengat yang hidup di dalamnya.

Berikut ini deretan danau ubur-ubur tanpa sengat yang bisa dikunjungi setelah pandemi berakhir nanti. Mana yang sudah pernah Anda selami?

. . . . #derawan #kalimantan #stinglessjellyfish #jellyfish #freedive #snorkeling #kakaban #lakeofjellyfishes #danauuburubur #amazed

Sebuah kiriman dibagikan oleh Steve 周 (@iztevn) pada 

Danau dengan ubur-ubur tanpa sengat paling populer sudah pasti Kakaban yang ada di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Merupakan salah satu spot wisata alam yang wajib dikunjungi saat traveling ke Derawan.

Ada empat spesies ubur-ubur yang bisa diajak berenang oleh para pengunjung, yaitu ubur-ubur kotak, ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, dan ubur-ubur terbalik. Semuanya aman untuk disentuh.

Rupanya Taman Nasional Togean yang ada di Sulawesi Tengah juga memiliki wisata danau ubur-ubur tanpa sengat. Hewan lucu yang mirip agar-agar itu bisa ditemukan di Danau Mariona yang terletak di Katupat.

Pernakah kalian membayangkan berenang bersama ubur-ubur ? pasti di bayangan kalian itu adalah ubur-ubur gatel klo nyengat, gatel gatel 1 badan tapi beda sama ubur-ubur disini, karena ubur-ubur disini tidak membuat kita gatel klo kena pegang, bahkan ubur2 disini sangat lucu bntuk nya. seakan ingin menyapa kita cukup kita celupkan kaki di atas permukanan pelan2 ubur-ubur disini mulai menyapa kita dengan menampilkan bentuk nya. pelan-pelan tapi pasti ketika perjalanan menuju ke surga DUNIA ini #lebaylohgw sempet ngos ngosan karena harus tracking lumayan ke atas bukit dan digigit semut merah yang sakit banget sampe skrg masih kebayang sakit n perih nya #pobiasemutakutuh tapi saat sampai di danau saya cuman bisa manggap dengan keindahan yang diberikan. permukaan danau yang tenang, dan tidak ada ombak ataupun arus sungguh membuat kaki tangan gatel klo gak cebur ke dalam #padahaltakutsetengahmati. oh ia disana tuh di larang banget pake fin, sunblock/pake pelembab kasian kan klo ubur2 nya mati klo kena fin (ketendang) , sunblock atau pelembab karena kandungan kimia nya. jenis ubur2 disini juga sangat unik, mirip2 dengan yang ada di kakaban dan misool (Walaupun saya gagal dapat di misool n labuan bajo) tapi saya bersyukurrr saya bisa dapat di togean #akhirnyasetelah3xmencari Loc : Danau Mariona, Taman Nasional Togean, Sulawesi Tengah πŸ“Έ @togeanjourney @im.owan Pinjem kamera @ekaputra0000 ✌🏻✌🏻✌🏻✌🏻 #togean #togeanjourney #uburubur #danauuburubur #danaumirona #berhasilketemusetelah3xmencoba #asekkkkkkkkkk #berkah2018 #thanksgod

Sebuah kiriman dibagikan oleh Novi Liana (@noviliana1991) pada 

Ubur-ubur yang ada di Danau Mariona berasal dari aneka spesies. Ada yang berwarna oranye, putih transparan, kemerahan, dan bersemu ungu. Mereka cukup ramah terhadap manusia, sebab tidak terbiasa menemui predator. Jadi bisa diajak selfie sesuka hati. Tetapi lebih baik tidak usah menyentuh mereka. Meskipun tanpa sengat, ubur-ubur ini juga rapuh. Bisa saja kita membahayakan nyawa mereka dengan sentuhan.

Wisata ubur-ubur Danau Mariona biasanya menjadi satu dalam paket island hopping Togean. Mumpung pengunjungnya masih relatif sedikit.

Dari sekian itinerary yang dikasih dan gak pernah dibaca, gak nyangka bisa berenang bareng ubur-ubur di sini. Tiap hempasan kaki dan tangan ngebuat khawatir ngelukain mereka saking banyaknya. . . . #RajaAmpat #DanauLenmakana #Misool

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bunga (@bunga.juhedi) pada 

Satu lagi danau ubur-ubur tanpa sengat yang tersembunyi di Pulau Misool, Kepulauan Raja Ampat. Danau Lenmakana yang letaknya tak begitu jauh dari Karawapu. Tentu tak kalah indah dan alami.

Dibandingkan Togean dan Kakaban, jumlah ubur-ubur tanpa sengat di Danau Lenmakana bahkan jauh lebih banyak lagi. Beberapa wisatawan menggambarkan sensasi menyelam di sana seperti memasuki ladang ubur-ubur Bikini Bottom-nya Spongebob.

Demi menjaga kealamian lingkungan, wisatawan disarankan untuk tidak snorkeling di dalam danau dengan menggunakan tabir surya atau produk serupa.

Raja Ampat memang surganya wisata alam. Tak cuma pantai cantik, pulau eksotis, dan wisata karang yang memukau, kepulauan ini ternyata juga punya danau ubur-ubur tanpa sengat.



Danau dengan ubur-ubur tanpa sengat bisa dijumpai di Misool, salah satu pulau di Raja Ampat yang kini sedang naik daun. Tak cuma satu, Misool memiliki beberapa danau yang dihuni ubur-ubur tanpa sengat. Namun hanya beberapa yang diizinkan untuk dieksplorasi pengunjung. Salah satunya adalah Karawapu atau dikenal juga dengan nama Karawapop dan Karwapop.

Karawapu termasuk danau air asin. Di dalamnya terdapat ubur-ubur tanpa sengat dengan jumlah yang cukup banyak. Untuk mengunjungi danau, kita harus terbang ke Sorong, Papua. Setelah itu menyeberang ke Misool menggunakan kapal atau speedboat. Masih harus dillanjutkan dengan trekking yang cukup menguras tenaga untuk mencapai Karawapu.

Gold treasure | under the dark lake | for the one who brave 🐑 . . #gopro #jellyfish #karawapop #lake #Misool #RajaAmpat #papua #Indonesia #VisitIndonesia #diving #snorkeling #travel #travelgram #travelpics #travelphotography #instatravel #igtravel #instapassport #instago #trip #wanderlust #vsco #vscocam #letsgosomewhere #beautifuldestinations #asia #sea #island

Sebuah kiriman dibagikan oleh Lukman Auliadi (@everysinglesnap) pada 

Peace! #maratuaisland #pulaumaratua #uburubur #danauhajibuang #visitmaratua #indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh Moe (@rmadhany) pada 

Bisa dikatakan Danau Haji Buang merupakan kembaran danau ubur-ubur Pulau Kakaban, Derawan. Danau ini terletak di Pulau Maratua, Kalimantan Timur.

Selain ubur-ubur tanpa sengat, Danau Haji Buang juga dihuni ikan julung-julung. Pemandangan sekitarnya juga masih sangat perawan, karena hampir tak pernah terjamah.

Soal pesona, Danau Haji Buang tak kalah dari Kakaban. Hanya saja nama tempat ini memang masih belum terlalu familiar di telinga para traveler. Akses yang masih sulit menyebabkan tak banyak wisatawan berkunjung ke sini.



Jangan sampai keliru dengan Pulau Sembilan yang ada di Kota Baru, Kalimantan Selatan. Keduanya sama-sama memiliki wisata bahari keren. Tetapi Pulau Sembilan yang satu ini berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo.

Cassiopea Andromeda (ubur ubur terbalik) Kemarin waktu "field trip" ke Jakarta Aquarium sempet lihat si cute little creatures ini. Habitat aslinya gw ga tau (kmrn lupa ga nanya sm embak2 pemandunya). Tp ubur2 ini bisa ditemui di laguna yg berada di pulau #mangiatan atau #pulausembilan di #Flores. Ga perlu nyelem dalem2, karna kedalaman laguna ini cuma sekitar 2m. Kalau ga mau atau ga bisa nyelem, bs kok foto2 cantik di sekitaran pulau (ky gw πŸ˜‚). #nineisland #ntt #upsidedownjellyfish

Sebuah kiriman dibagikan oleh L (@tyosway) pada 



Pulau Sembilan memiliki nama resmi Mangiatan, namun disebut demikian karena bentuknya menyerupai angka sembilan jika dilihat dari ketinggian. Tepat di tengah lingkaran yang membentuk angka sembilan adalah sebuah danau yang dihuni ubur-ubur biru. Ubur-Ubur dengan ujung tentakel berwarna biru tua ini tidak menyengat bila disentuh. Karena danaunya relatif kecil dan jumlah ubur-ubur yang sangat banyak, wisatawan tidak akan kesulitan jika ingin foto di bawah air bersama mereka.

It's monday already.. πŸ™ˆπŸ™ˆ Keep swimming, keep swimming.. • πŸ“Pulau Mangiatan aka. pulau Sembilan, Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur • πŸ‘£with @eastindonesia_trip • #mangiatan #island #eastindonesia #eastindonesiatrip #pulausembilan #jellyfish #stinglessjellyfish #flores #komodo #labuanbajo #lensantt #indonesia #underwater #underwaterphotography #parapejalan #indotravellers #indtravel #pesonaindonesia #oqgoestokomodo

Sebuah kiriman dibagikan oleh oQ (@goinwherethewindblows) pada 

Selanjutnya ada Danau Lohia yang berlokasi di Kepulauan Muna, Sulawesi Tenggara.

Meskipun danau ubur-ubur ada di Kakaban & Togean, tp personally the best place buat stingless jellyfish adalah Danau ubur-ubur Lohia, Muna. Sampe ketemu di #mtmajernih besok pagi jam 8.30wib. #mtma #mtmajernih #mtmamuna #danaulohia #lohia #napabale #muna #sultra

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rikas Harsa (@rikasharsa) pada 

Danau ini punya banyak ubur-ubur tanpa sengat yang aman untuk diajak berenang bersama. Ukurannya benar-benar variatif, mulai dari yang selebar telapak tangan hingga yang kecil mungil sebesar kuku.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nanenlariza (@nanenlariza) pada 

Satu lagi danau ubur-ubur di Misool, Raja Ampat yang bisa dikunjungi saat berwisata alam ke Papua. Danau Tumalol memang kurang dikenal jika dibandingkan Karawapop dan Lenmakana yang juga dihuni ubur-ubur tanpa sengat. Namun keindahannya sama sekali tak kalah dari dua tempat itu.

Kangen traveling hahhahaa Kangen pergi jauhh Kangen solo trip Dan Harpitnas akuh jagain Jakarta ajahhh πŸ˜‘ #jellyfish #explorebanggailaut #banggailaut #missit #indotravellers #indonesiatimur #lovelife

Sebuah kiriman dibagikan oleh lisa.here (@lisa.gunarto) pada 

Desa Mbuang Mbuang, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah juga punya ubur-ubur jinak. Ubur-ubur yang hidup di sana adalah jenis cassiopeiaini dengan warna putih transparan, kuning terang, dan jingga.

Saat musim hujan, ubur-ubur yang muncul di permukaan Danau Paisu Batongan bisa mencapai ribuan.

Itulah deretan danau ubur-ubur tanpa sengat cantik yang ada di Indonesia. Sudah ada yang pernah Anda kunjungi? Kalau belum, kunjungi saat pandemi berakhir nanti, ya. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama