Teh termasuk komoditas ekspor penting buat Indonesia. Tak heran kalau jumlah perkebunan teh di nusantara sangat banyak. Selain sebagai penghasil teh, perkebunan seperti ini juga populer sebagai objek wisata.

Cukup banyak perkebunan teh dengan pemandangan indah yang jadi destinasi liburan favorit para pelancong. Salah satunya adalah perkebunan teh Kayu Aro di kawasan Gunung Kerinci, Jambi.

Perkebunan Teh Tertinggi Kedua di Dunia

View this post on Instagram

#OOT Happy Weekend dari #PerkebunanTehKayuAro Sungai Penuh Kerinci-Jambi🍃 . Sudah pernah liburan ke Kerinci? Sharing wisatanya dikolom komentar🙏🏻 . . Photo by @jelajahkerinci Loc: Perkebenunan Teh Kayu Aro-Kerinci #SeputarTebo #Tebo #TeboJambi #MuaraTebo #KabupatenTebo #Kerinci #SungaiPenuh #TehKayuAro

A post shared by Muara Tebo Bungo & Jambi (@seputartebo) on

Dilansir Liputan6.com, perkebunan teh Kayu Aro berada di ketinggian 1.600 meter dari permukaan laut, menjadikannya perkebunan teh tertinggi kedua di dunia. Urutan pertama ditempati Darjeeling Tea Plantation di West Bengal, India.

Selain tertinggi kedua, perkebunan yang beroperasi sejak zaman kolonial Belanda ini juga menjadi salah satu perkebunan teh yang tertua di Indonesia. Perkebunan Kayu Aro dimulai oleh sebuah perusahaan Hindia Belanda pada 1925. Setelah Indonesia merdeka, perkebunan diambil alih oleh Pemerintah Indonesia pada 1959.

Sampai saat ini, di sekitarnya masih banyak bangunan peninggalan Belanda seperti rumah sakit, rumah karyawan hingga, pabrik pengolahan teh.

Bisa Melihat Proses Pengolahan Teh Tradisional

Wisatawan dari luar daerah yang ingin bertandang ke Kayu Aro baiknya memilih untuk menginap. Daerah tersebut kini punya banyak penginapan, terutama di daerah tugu macan yang banyak menyediakan penginapan dengan harga terjangkau.

View this post on Instagram

Selamat Pagi Jambi. . Perkebunan Teh Kayu Aro. . Perkebunan teh kayu aro merupakan salah satu unit usaha yang termasuk di dalam wilayah naungan PTPN VI yang dimana lahannya terdapat di dua provinsi yaitu Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, unit usaha kayu aro lahannya tidak hanya terdapat di Kerinci tetapi jg terdapat di kabupaten solok selatan. . Loc : Perkebunan Teh Kayu aro, Kerinci, Jambi. Pict by : @putiqisthi @saka_nugraha . #visitjambi #visitkerinci #jambi #jambiku #kayuaro #perkebunantehkayuaro #tea #wonderfuljambi #saktialamkerinci #potretkerinci

A post shared by 🇯🇦🇲🇧🇮 🇱🇦🇬🇮#jambilagi (@jambilagi) on

Proses pembuatan teh di Kayu Aro masih sangat tradisional. Mereka tidak memakai bahan pengawet atau pewarna, serta pekerja dilarang menggunakan kosmetik saat memproses teh.

Jika beruntung, Anda bisa melihat pekerja yang sedang memisahkan bubuk teh berdasarkan kualitas teh dan pengujian teh berkualitas di ruang pengujian.

Perkebunan Berudara Sejuk dengan Latar Gunung Kerinci

Suhu udara di Kayu Aro berkisar antara 17-23 derajat Celsius. Bahkan, suhu minimum di kawasan itu bisa mencapai 5 derajat Celsius. Jadi, untuk melengkapi sejuk dan segarnya udara pagi di sana akan lebih lengkap sambil menyeruput teh hangat asli daerah penghasilnya.

View this post on Instagram

Jangan takut Beda, jika Beda itu dapat membawamu ke surga nya Allah #kerinci #gunungkerinci #perkebunantehkayuaro

A post shared by dedi suratno (@dedi_suratno) on

Bagi penyuka wisata alam, ada beberapa tempat menarik lainnya yang terletak di dekatnya seperti Gunung Kerinci, Danau Kerinci, dan Taman Nasional Kerinci Seblat. Jika Anda dari Padang, Anda bisa menggunakan bus Padang-Sungai Penuh dengan menempuh jarak sekitar 300 km.

Sumber: Merdeka.com


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama