Sampo dibuat memang bertujuan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran dan sisa minyak hasil produksi kelenjar minyak di kulit kepala. Tapi, terlalu sering keramas pakai sampo justru dapat merusak rambut, terutama jika dilakukan setiap hari.

Seperti dilansir dari laman Healthline, ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau Anda melakukan keramas yang berlebihan. Di antaranya adalah rambut kering, kulit kepala gatal, dan berketombe terus-menerus.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Keramaslah di waktu yang tepat, dan jangan berlebihan. Sementara itu, untuk membersihkan rambut, Anda dapat melakukan beberapa alternatif di bawah ini alih-alih keramas menggunakan sampo.

1. Pakai sampo kering
Sampo kering dapat berupa bedak atau pembersih semprot. Penggunaan sampo kering dapat menyerap minyak dan mencegah tampilan rambut yang lepek akibat tidak keramas. Sampo kering bisa jadi alternatif untuk mengurangi frekuensi keramas yang berlebih.

2. Mencuci rambut dengan kondisioner
Kondisioner dapat digunakan untuk membersihkan rambut, terutama pada rambut keriting. Mencuci rambut dengan kondisioner dapat mengurangi frekuensi keramas berlebih yang membuat rambut menjadi rusak.

Tapi, perhatikan kondisioner yang Anda gunakan. Pastikan untuk menghindari produk kondisioner dengan silikon. Silikon memang dapat membuat rambut terasa lembut dan halus, tetapi juga dapat menumpuk di rambut dan membuatnya terlihat lemas dan berminyak.

3. Keramas dengan air saja
Salah satu alternatif lain yaitu mencuci rambut dengan air saja. Penggunaan air akan menghilangkan kotoran, serbuk sari, dan keringat, walaupun tidak seefektif menggunakan sampo. Namun, ini dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut. (Fajar Ramadhan)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama